Digital branding banyak diterapkan oleh bisnis saat ini. Karena metode pemasaran ini, sangat efektif untuk membangun kepercayaan pelanggan dan menjadi pembeda dengan pesaing.
Terlebih lagi di era saat ini, banyak konsumen mencari informasi melalui internet. Bahkan sebagian dari mereka juga menyukai berbelanja secara bold. Oleh karena itu, membangun digital branding sangatlah penting bagi bisnis.
Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui digital branding secara mendalam serta strategi ampuh untuk mengenalkan bisnis Anda secara online. Yuk, pelajari lebih lanjut pada ulasan di bawah ini.
Apa itu Branding?
Branding adalah upaya yang dilakukan bisnis untuk membuat usahanya dikenal masyarakat dan membedakan dirinya dari pesaing. Branding biasanya ditampilkan dalam bentuk kalimat, desain, atau ide yang membuatnya mudah dikenal oleh masyarakat.
Disi lain, dapat dikatakan bahwa branding merupakan strategi siapa yang kreatif untuk menunjukkan kepada calon pelanggan mengenai Anda, apa yang Anda kerjakan, apa yang Anda sadari, dan mengapa begitu penting untuk bekerja sama dengan Anda
Pengertian Digital Branding
Digital Branding adalah proses membangun cerita dan kehadiran brand Anda di ruang digital. Oleh karena itu, proses ini dilakukan melalui website, aplikasi, media sosial dan sejenisnya.
Digital branding adalah kunci untuk membangun hubungan yang bermakna dengan target audiens Anda secara online. Anda juga dapat dengan mudah memperkenalkan produk Anda kepada pelanggan dengan memanfaatkan jaringan internet.
Setelah digital branding berhasil Anda bagun, akan memudahkan langkan Anda kedepannya. Misalnya untuk menjalankan strategi pemasaran baik untuk memperkenalkan produk baru atau penawaran khusus lainnya seperti diskon, paket bundling dan lainnya.
Mengapa Digital Branding Penting?
Sebagian besar orang mencari informasi melalui internet. Hal ini menjadikannya penting bagi merek untuk menjangkau target pelanggan dan mengubahnya menjadi loyalis jangka panjang.
Namun sebelum itu, bisnis harus bisa membangun digital branding yang kuat agar bisa menjangkau target pelanggan mereka. Pasalnya, digital branding memungkinkan perusahaan mana pun untuk memastikan keberadaannya dikenal di mana saja, bahkan hanya melalui telepon gengam Anda.
Selain itu, masih ada banyak alasan pentingnya digital branding seperti berikut:
– Membangun interaksi yang baik dengan pelanggan
Anda bisa memanfaatkan digital branding untuk membangun “image” bisnis Anda yang ramah terhadap pelanggan. Dimana pelanggan lebih mudah untuk berinteraksi dengan Anda melalui branding yang Anda bangun secara online. Misalnya Anda bisa membuat storytelling yang menceritakan produk Anda melalui GIF atau konten-konten interaktif. Kemudian pada konten tersebut, calon pelanggan diajak interaksi dengan menjawab pertanyaan yang Anda berikan.
– Berkesan
Anda bisa
membuat konten-konten untuk untuk membangun brandi Anda. Setelah itu Anda bisa
membagikan konten tersebut kesemua platform media sosial Anda agar mudah
diingat oleh pelanggan. Selain itu Anda juga bisa mengikuti tren yang sedang
booming di internet.
–
Mengenalkan brand Anda
Seperti
yang dibahas sebelumnya, internet merupakan cara terbaik untuk mengenalkan
brand Anda. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan keunikan produk Anda
sehingga bisa menonjol dibandingkan dengan kompetitor.
–
Memperluas networking
Bebeda
dengan branding konvensional, dengan digital Anda tidak dibatasi oleh wilayah
dan waktu. Hal ini sangat menguntungkan, sebab Anda bisa menjangkau lebih
banyak koneksi. Dengan begitu, membuka kesempatan Anda untuk bekerjasama dengan
lebih banyak bisnis lainnya.
Apa
Perbedaan Digital Branding dengan Digital Marketing?
Terkadang
sulit membedakan antara digital branding dengan digital marketing. Namun perlu
Anda ketahui bahwa ada perbedaan secara mendasar antara keduanya. Digital
marketing fokus promosi atau menjual produk, sedangkan digital branding fokus
meningkatkan citra suatu brand kepada audiens.
Untuk
memudahkan Anda, berikut perbedaan antara digital marketing dengan digital
branding sebagai berikut:
Digital
Branding
Digital
Marketing
Fokus Membentuk citra sebuah brand Promosi produk
atau jasa Objektif Mempertahankan
interest pelanggan Mendapat atensi pelanggan (brand awareness)
Meningkatkan
loyalitas pelanggan Meningkatkan
penjualan Strategi. Digital branding berlaku secara permanen Digital marketing
tergantung pada beberapa faktor dan sifatnya periodik
No comments:
Post a Comment